EVALUASI PROGRAM TK-SD SATU ATAP DI WILAYAH DKI JAKARTA

  • Didi Suprijadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Dalam rangka meningkatkan layanan pemerataan akses dan keadilan untuk memperoleh pendidikan TK serta permasalahan transisi pendidikan dari TK ke SD kelas awal, perlu diupayakan alternatif inovasi kelembagaan dengan mendekatkan pola penyelenggaraan pendidikan TK dan SD. Hal ini dilakukan melalui penyelenggaraan TK-SD satu atap, baik dari segi pendekatan, kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana pembiayaan, pengelolaan, pengembangan program. Jenis  penelitian  yang  digunakan  pada penelitian ini adalah penelitian evaluasi (Evaluation Research). Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh TK-SD Satu Atap di wilayah DKI Jakarta yang berjumlah 31 TK-SD Satu Atap. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh TK-SD Satu Atap di wilayah DKI Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase karena tidak ada pengujian hipotesis.  Secara umum dari keempat komponen evaluasi program TK-SD Satu Atap tergolong cukup baik dengan perolehan keseluruhan mencapai persentase rata-rata 55%. Persentase komponen konteks sebesar 39%, komponen input 38%, komponen proses 71% dan persentase komponen produk sebesar 71%.

Published
2018-11-02
How to Cite
Suprijadi, D. (2018). EVALUASI PROGRAM TK-SD SATU ATAP DI WILAYAH DKI JAKARTA. Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 26-39. Retrieved from http://mimbarpendidikan.pgri.or.id/index.php/JMP/article/view/6