PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

  • Chatarina Febriyanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Ari Irawan Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran di sekolah dasar inklusi untuk anak-anak yang memiliki berkebutuhan khusus. Lokasi penelitian ini ada di Kota Depok Jawa Barat, dengan mengambil 4 lokasi penelitian dengan menggunakan tekniik multistage random sampling terpilih yaitu SDIT Akhdor Insan Mulia, SD Lentera Islam, SDN Cilangkap 2, SDN Kemirimuka 2. Dengan sampel penelitian adalah anak yang berkebutuhan khusus autis kategori sedang dan rendah, serta anak berkebutuhan khusus dengan kategori slow learner. Metode penelitian ini adalah survey eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa proses pembelajaran nmatematika untuk anak berkebutuhan khusus memerlukan penanganan khusus serta kurikulum yang  disesuaikan dengan kemampuan awal siswa sehingga setiap siswa berkebutuhan khusus akan ada perbedaan dalam kurikulum matematika dengan anak-anak yang reguler

Published
2018-11-02
How to Cite
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2018). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 16-25. Retrieved from http://mimbarpendidikan.pgri.or.id/index.php/JMP/article/view/5